Langsung ke konten utama

Memilih Ponsel

Latar Belakang

Kebutuhan telekomunikasi bagi masyarakat selalu meningkat setiap tahun, namun sama halnya dengan jumlah platform yang memproduksi ponsel pun terus bertambah banyak, hal ini menimbulkan sedikit kesulitan bagi masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan di bidang perangkat komunikasi, dengan demikian penulis buatkan tulisan ini guna memberikan referensi bagi masyarakat yang akan membeli perangkat komunikasi khusunya telepon genggam.

Kegunaan Ponsel

``Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).''

Demikian kutipan dari wikipedia mengenai pengertian dan fungsi ponsel, terlepas dari pengertian baku itu, Telpon Selular kini mengalami penambahan fungsi, awalnya ponsel hanya digunakan sebagai alat telpon dan kirim pesan portabel namun kini tidak hanya bisa melakukan kegiatan seperti itu, dengan teknologi yang terus dikembangkan, hari ini bagi sebagian besar orang, secara umum ponsel dapat difungsikan sebagai perangkat penerima atau pengirim informasi, sebagai contoh, setiap pengguna dapat dengan langsung memberitakan apa yang terjadi si suatu daerah yang dia saksikan melalui berbagai media berita online dan bahkan posisi dimana pengguna ponsel berada juga dapat diinformasikan langsung kepada kerabat-kerabatnya. Inilah kecanggihan yang serba canggih, sudah sangat banyak hal yang tersentuh oleh perangkat telpon selular ini.

Yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat yang akan membeli ponsel diantaranya :

  • Fungsi

Harus dipertimbangkan terlebih dahulu untuk digunakan sebagai apakah ponsel yang akan dibeli, karena hal ini akan menentukan spesifikasi seperti apakah ponsel yang dibutuhkan. Spesifikasi yang dibutuhkan tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap budget yang akan dikeluarkan calon pembeli. Misalnya, untuk pengguna ponsel yang hobi bermain game di perangkat mobile, maka hal yang harus diperhatikan adalah GPU yang digunakan dalam ponsel, yang dalam hal ini penulis rekomendasikan produk yang terkategori bagus dalam hal pengolahan grafik adalah Power SGX544, bisa dirasakan hebatnya sistem GPU ini di perangkat iphone. Bukan tanpa alasan kenapa iphone memilih PowerSGX sebagai GPU-nya, tentu dalam hal ini pihak iphone sangatlah cerdas.

  • Kualitas

Tidak semua perangkat telpon genggam berkualitas, sehingga perlu diketahui merk-merk yang memiliki reputasi baik dan terutama mengenai kualitasnya, ada baiknya calon pembeli melakukan cek di posting-an diskusi tentang ponsel yang berkaitan di suatu forum online salah satu forum yang direkomendasikan penulis misalnya forum kaskus.

  • Service Center

Memang kerusakan itu bukan hal yang diinginkan pengguna, namun setiap perangkat komunikasi ataupun lainnya tidak bisa lepas dari yang namanya kekurangan, bisa saja ponsel yang dimiliki tiba-tiba rusak meskipun tanpa ada kesengajaan atau dalam hal ini biasanya rusak tersebut diakibatkan adanya cacat produksi yang baru akan diketahui jika digunakannya fungsi tertentu dari ponsel tersebut pada waktu setelah beberapa waktu pembelian dilakukan. Dengan demikian perlu dipertimbangkan ada atau tidaknya service center ponsel yang akan dibeli. Karen tidak semua ponsel yang ada di pasaran indonesia memiliki service center.


Referensi

www.google.com
www.wikipedia.org

Postingan populer dari blog ini

Tata cara tes apptitude universitas gunadarma

Untuk info syarat ketentuan : Datang ke Gedung D328, tepat di tangga lantai 2 ada ruangan untuk registrasi tes apptitude, bisa tanya2 disitu. Syarat Pendaftaran: KRS semester aktif saja Boleh kolektif atau perorangan Ketentuan Tes: Dress code : Celana hitam bahan, Kemeja putih polos, sepatu tertutup KRS semester aktif atau Blanko semester aktif yang sudah dibayar Tidak boleh telat Ketentuan lain: Jika tidak hadir pada saat tes dilaksanakan maka harus segera mengurus ke pihak registrasi, jangan ditunda, soalnya ribet kalo berurusan sama pihak kampus Pada saat mendaftar nanti pihak kampus akan menentukan jadwal tesnya, kalo sekiranya masih ada kemungkinan bisa dinegosiasi saat itu juga untuk penentuan jadwal